Sabtu, 18 Februari 2012

Pentas Seni Kebanggaan SMA di Jember


Setiap SMA di kota Jember mempunyai pergelaran pentas seni yang sama-sama diselenggarakan setiap dua tahun sekali, dengan tujuan menggali kreativitas para siswanya. Tiap SMA mempunyai nama yang unik sebagai berikut:
1.       1. KIRANA – SMA Negeri 1 Jember
Kirana adalah singkatan dari Kibaran Seni Arek Smansa. Event ini merupakan hasil kerja sama OSIS SMAN 1 Jember dengan beberapa sponsor seperti sponsor jasa selular (Telkomsel,Indosat, dll), sponsor kendaraan bermotor (Honda, Yamaha, dll) dan masih banyak lagi. Terakhir kali acara ini terselenggara pada 20 November 2010 di GOR Kaliwates Jember. Pada Kirana XII 2010 lalu, event ini mengangkat tema budaya dimana banyak budaya yang dipertunjukkan mulai dari budaya nusantara hingga budaya mancanegara.

2.       2. MAGENTA – SMA Negeri 2 Jember
Magenta merupakan salah satu pergelaran seni dari OSIS SMAN 2  Jember yang seperti hanlnya Kirana bekerja sama dengan sponsor-sponsor. Namun pada segi acaranya, antusias para siswanya lebih dahsyat dari pada Kirana, karena Magenta juga berkerja sama dengan management band-band besar Indonesia, The Changcuters contohnya. Tak lupa karya seni tari, musik, dan teater siswa-siswi Smada juga ditampilkan. Nah, dari sini saja sudah terbayang bagaimana meriahnya acara. Sayangnya dua atau tiga tahun terakhir ini Magenta sudah tidak pernah terlaksana. Kabarnya sih disebabkan Smada trauma pada Magenta yang terakhir kali dilaksanakan menderita kerugian yang cukup besar. Entah apa yang menyebabkan itu terjadi, saya sebagai siswa baru SMA 2 pun belum tahu pasti. Yang pasti saya sangat berharap event spektakuler ini akan dapat terlaksana kembali. REACH OUR TOP CREATIVITY WITH MAGENTA !!!

Setelah hilangnya Magenta, salah satu event yang dapat mengobati rasa rindu para musisi Smada untuk perform di muka teman-teman sendiri adalah Parade Musik KTS (Kegiatan Tengah Semester) yang hampir sama dengan Classmeeting, hanya saja pelaksanaannya di tengah tanggal KBM aktif. Parade Musik selalu di selenggarakan pada hari terakhir KTS. Terakhir kali event ini diadakan adalah pada tanggal 17 November 2011 yang dimeriahkan band-band intra Smada seperti Rock It Now, Unyu yang ketiga personilya adalah personil Savage After SaturdayBn'B dan Darah Biru salah satu contoh junior kelas X, dan lain-lain.

3. PESONA – SMA Negeri 3 Jember
Pesona merupakan salah satu event rutin dwi tahunan yang acaranya sih sebenarnya hampir sama dengan Kirana dan Magenta. Namun yang agak sedikit beda hanyalah acara lebih didominasi band-band dalam sekolah dan bintang tamu home band.



 4.   4. MAHARANI – SMA Negeri 4 Jember
Selain sebagai tenpat bagi siswa-siswi Smapa unjuk kebolehan bermain band, Maharani juha menampilkan karya-karya band dari luar sekolah Smapa melalui seleksi. Nah, jadi buat kamu yang punya band all genre dan ingin membandingkan hasil karya kamu dengan hasil karya musik lokal Smapa, disinilah tempatnya.
Maharani juga mengundang satu homestar band. Terakhir kali pada Februari 2012 Maharani mengundang artis lokal yang pastinya sudah tidak asing bagi kita, From This Accident. Wah, spertinya acaranya sangat seru ya!



5.     5. PANDAWA – SMA Negeri 5 Jember
Kalau event yang satu ini, saya belum mendapat informasi yang jelas tentang pelaksanaan dan acaranya. Hmm, maaf ya untuk yang satu ini saya belum bisa memberi infonya.
Mungkin kalau ada yang tahu bisa komen dibawah sini atau post di page kami on facebook di Bn'B (Independent). Oke!!

Nah itu semua adalah event-event kebanggaan SMA Negeri di Kabupaten Jember. Semoga event-event tersebut dapat terus terselenggara untuk menggali kreativitas para siswanya.
Sukseh dah buat siswa-siswi  Jember!!!

1 komentar:

  1. Terimakasih untuk sharing postingnya ya min.
    Postingannya sangat bermanfaat.
    Oh ya, sekedar informasi aja nih. Bagi yang membutuhkan Sewa Genset Syncronize untuk keperluan berbagai acara seperti pernikahan, ulang tahun, atau event lainnya bisa coba hubungi kami Arthur Teknik.

    Salam Blogger.

    BalasHapus